[sepenggal asa] tentang sebuah lakon hidup

August 2, 2007 at 1:01 am 6 comments

Jika sebuah pertanyaan diajukan kepadaku, tentang sebuah profesi yang ingin kukagumi, maka tanpa perlu berpikir panjang akan kujawab ‘dokter’. Sebagian yang mendengarnya pernah tertawa lalu berkata, kalau begitu, mengapa waktu UMPTN kemarin tidak memilih jurusan kedokteran? Aku hanya selalu tersenyum sebagai jawaban. Sebab, aku juga tidak pernah tahu jawabannya, mengapa waktu UMPTN kemarin malah memilih elektro.

Mungkin, bagiku profesi tidak selalu identik dengan cita-cita atau keinginan yang kuat untuk mencapainya. Tapi lebih pada sebuah panggilan hidup. Memang, ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri di sana, jika profesi yang dilakoni sekarang sesuai dengan cita-cita yang telah lama terpatri dalam setiap dahan harapan kita. Namun, tidak selamanya hidup berjalan seperti dengan harapan kan?

Dokter. Selalu saja menjadi salah satu obsesi besar dalam ruang pikiranku. Memandang mereka yang berpakaian putih melintasi lorong-lorong Rumah Sakit, mendekap kamus dan buku-buku tebal di dada mereka, berdiskusi di ruang tunggu atau kantin, menggambarkan atmosfir akademik yang tak pernah padam.

Bahkan, bukan hal yang aneh ketika sebagian besar manusia sangat menaruh harapan besar di pundak mereka akan sesuatu yang mereka sebut ‘hidup’. Sedemikian tinggi peran dan tanggung jawab yang disandangnya bagi kehidupan dan perbaikan, sampai-sampai seorang Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa Ilmu yang wajib dituntut dan dikuasai setelah Ilmu Agama (Syar’i) adalah Ilmu Kedokteran.

Tanpa bermaksud memandang rendah profesi yang lain, memang, dokter dengan beragam spesialisasi yang ada, sedikit banyak memiliki pengaruh dalam perjalanan hidup di bumi ini. Sejak dahulu yang dikenal dengan beragam sebutan. Dari penyembuh, tabib, dan lain-lain. Mereka selalu memiliki tempat terhormat di kalangan masyarakat.

Di atas itu semua, kepeduliannya yang hampir tanpa batas pada kesembuhan dan kesehatan pasiennya juga selalu menjadi hal unik. Beberapa temanku yang telah melakoni profesi ini, selalu mengatakan bahwa ada kegembiraan dan kepuasan yang tak terlukiskan, jika berhasil menangani suatu penyakit tertentu dari diri seorang pasien yang mereka tangani.

Yah…meskipun aku bukan seorang dokter, profesi yang kulakoni sekarang juga memiliki kemiripan dengan mereka. Minimal menjadi salah satu dokter komputer. Atau seperti yang my mother selalu inginkan, agar mencari calon pendamping yang berprofesi sebagai dokter (nah loh…kok larinya ke sini yah,hehehe)

Advertisements

Entry filed under: sisi lain lonely_samurai.

Tentang Seseorang 5 [brigade 013] lagi, tentang ibu

6 Comments Add your own

  • 1. deen  |  August 2, 2007 at 3:13 am

    Sebenernya sih bacaan deen dah cukup serius, tapi pas kalimat ini …

    “agar mencari calon pendamping yang berprofesi sebagai dokter (nah loh…kok larinya ke sini yah,hehehe)”

    kontan langsung ngikik abis, yah..yah..ikut mendoakan jg deh biar dapet dokter..

    Reply
  • 2. Tigger  |  August 2, 2007 at 7:22 am

    amiin.. (ni ngikut meng-amin-i doañ mb deen diatas)

    Reply
  • 3. muhammad nawir gani  |  August 5, 2007 at 6:11 am

    betul sekali mi itu kak’ yg nabilang mace’ ta’ ” kalo tidak bisa jadi dokter…”

    yaa…”dapat dokter juga gak apa-apa”
    😀

    semangat kak…

    .:on shelter:.

    Reply
  • 4. CempLuk  |  August 7, 2007 at 5:00 pm

    yah bisa juga opsi tuk nikah dgn seorang dokter menjadi kan mas bertitel dokter..dapet imbas gitu deh mas..hehehe

    Reply
  • 5. ulfa  |  August 10, 2007 at 11:38 am

    assalamu ‘alaikum, salam knl jg. tulisan2 km mnarik. bercerita ttg kehidupan mmg tak ada habisnya. smoga qta smua bisa ttap istiqamah di jln-Nya (amin) tdnya mau comment di chatbox, tapi agak susah

    Reply
  • 6. ulfa  |  August 10, 2007 at 11:38 am

    assalamu ‘alaikum, salam knl jg. tulisan2 km mnarik. bercerita ttg kehidupan mmg tak ada habisnya. smoga qta smua bisa ttap istiqamah di jln-Nya (amin) tdnya mau comment di chatbox, tapi agak susah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

August 2007
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives


%d bloggers like this: