Tentang Seseorang 5 [brigade 013]

June 28, 2007 at 6:03 am 9 comments

Ia selalu memanggilku dengan sebutan ‘komandan’. Mungkin sebagai ‘balasan’ kenyataan bahwa aku juga selalu memanggilnya ‘panglima’. Dia yang memakai nick name ‘brigade 013’ dalam setiap tulisan-tulisannya yang kebanyakan bertema tentang totalitas perjuangan, keharusan berbangga dengan izzah keislaman di hadapan ideologi lain yang makin meracuni pikiran sebagian manusia, serta tentang kedisiplinan.

Perawakannya bagus. Dengan tinggi yang proporsional. Sesuai dengan jurusannya yang makin mendukung itu semua di kampus merah-hitam (Teknik UNHAS); Teknik Geologi. Ia memang paling hoby bertualang naik gunung. Proses pembentukan fisik menjadi kuat menjadi salah satu prioritasnya. ia sering menggambarkan, bagaimana mungkin kita akan berjihad melawan kaum kuffar, sementara fisik kita lemah dan sakit-sakitan. Pernah, ia menyinggung sebagian ikhwah yang baru sekedar kena hujan atau udara malam sudah meringkuk kesakitan. Namun jangan salah, air mata akan menderas dari pelupuk matanya kala dia sudah berdiri di hadapan Rabb Al Alamin kala pertiga malam menjelang pagi.

Lepas dari kampus 2006 kemarin, ia langsung kembali ke tanah kelahirannya di bumi Borneo sana. Kontak terakhirku dengannya lewat e-mail yang mengabarkan dirinya sekarang sudah masuk menjelajah hutan-hutan liar yang alami yang ada di sana. Ingin tetap menyalurkan jiwa petualang, katanya. Ketika kutanya masalah pilihannya.

Malam tadi, sms-nya menderingkan HP-ku. Kala kantuk masih memberatkan pelupuk mataku yang masih lelah setelah melakukan perjalanan makassar-masamba-makassar. ‘Ana ingin menangis, ingat perjuangan masa lalu dengan ikhwah…sedih rasanya berpisah. Ana rindu antum…‘ Aku tesentak. Kenangan bergerak bersamanya semasa di kampus kemarin berkelebatan di kepalaku. Ketika sama-sama digebuki polisi kala demonstrasi masa Gusdur, berhadapan dengan ‘mahasiswa sangar’ ketika berjuang bersama di Senat Mahasiswa Teknik, rapat-rapat di setiap malam menyusun agenda aksi perubahan, dan beragam yang lainnya.

Perjuangan semasa di kampus, ane anggap sebagai -istirahat-. Ketika kita terjun ke masyarakat, di sanalah the real battle is begin. lagian, ketika masanya tiba, pasti kita semua akan pisah kan? Ane juga sedang merintis di sinjai nih, dah beberapa kalo turun medan. Yang jelasnya dakwah tetap jalan‘ kubalas sms-nya.

JazakaLlah, tangis ini karena rindu berjibaku dalam dakwah dengan antum. Insya Allah dakwah tetap berjalan. Jadi khatib di pedalaman.Allahummaghfirlana…

Sungguh, desir kekaguman langsung melanda berbarengan dengan peerasaan rindu yang menguasai hatiku. Aku juga nenangis. ‘SubhanaLlah, medan antum sudah benar-benar menuntut makna pengorbanan dan kesabaran yang sejati. Bukan lagi sekedar retorika belaka. Insya Allah kita bertemu di rabithoh pengikat hati di setiap subuh dan petang. Ane juga merindukan antum‘ kembali kujawab sms-nya.

Insya Allah akhi…semoga kita dipertemukan di sisi-Nya.

Kelelahanku sirna. Membayangkan beratnya perjuangan yang dia lakukan di seberang sana. Kunyalakan laptopku dan langsung menuangkannya dalam tulisan ini. Masih kuingat kala ia membacakan LPJ ketika mengakhiri jabatannya di salah satu wajihah kampus suatu waktu, kala ia mengucapkan terima kasih padaku karena telah menjadi salah satu inspirasi bagi gerak langkahnya, dengan menyebut inisial yang juga sering kugunakan di setiap tulisanku, ‘green AK-47’.

Masih kuingat juga, saat-saat akhir sebelum dirinya memutuskan kembali berdakwah di tanah kelahirannya. Tentang keinginannya untuk segera menyempurnakan separuh dien-nya yang masih tersisa, yang alhamduliLlah berhasil diwujudkannya belum lama ini. Juga, tentang tambahan ‘gelar’ yang disematkannya padaku setiap kali menegur dan berbicara padaku. Ia memanggilku ‘komandan samurai’.

Akhi, gelar itu lebih pantas untukmu!

Advertisements

Entry filed under: sisi lain tentang cinta.

Sabarlah beberapa jenak lagi [sepenggal asa] tentang sebuah lakon hidup

9 Comments Add your own

  • 1. muhammad nawir gani  |  June 28, 2007 at 12:35 pm

    walaupun antum dak menyebeutkan siapa orangnya,sy sepertinya mengenal beliau.
    apa yag beliu rasakan,sy juga rasakan meskipun sy mungkin bukan apa-apa waktu masih di kampus
    yaa… keriduan itu,itu yang saya rasakan

    wassalam,

    muhammad nawir gani

    Reply
  • 2. muhammad nawir gani  |  June 28, 2007 at 12:35 pm

    walaupun antum dak menyebeutkan siapa orangnya,sy sepertinya mengenal beliau.
    apa yag beliu rasakan,sy juga rasakan meskipun sy mungkin bukan apa-apa waktu masih di kampus
    yaa… keriduan itu,itu yang saya rasakan

    wassalam,

    muhammad nawir gani

    Reply
  • 3. pyuriko  |  June 30, 2007 at 4:16 am

    Aku terharu membacanya…

    Reply
  • 4. mujahidah-farma  |  June 30, 2007 at 5:23 am

    Assalamu’aleykum wr wb.
    Sepertinya ana tau siapa orangnya ^_^ Yup, he is my Best Brother. Perintis da’wah d himpunan daerah ana…yg selalu mengingatkan bahwa da’wah ini butuh jiwa-jiwa pendobrak! And i think, he did it.. still..n always…
    Ttp ZMANGAT!!!!!

    Reply
  • 5. Tigger  |  June 30, 2007 at 7:07 am

    Hebat, seharusñ memang seperti itu kan? Ketika di kampus, kita seperti brada di dlm ‘dunia kecil’, dilatih untuk brhadapan dgn dunia yg sesungguhñ..

    Reply
  • 6. yuminti  |  July 1, 2007 at 12:06 pm

    hmm…
    jadi ingat teman2 geosku di pedalaman Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra..

    Reply
  • 7. deen  |  July 2, 2007 at 1:59 am

    Sejarah tak akan pernah dibangun kecuali oleh tangan dan hati orang2 yang yakin..

    Subhanallah, goresannya benar2 “ngena” euy, sama sekali g ngawur..hehehe

    Reply
  • 8. CempLuk  |  July 6, 2007 at 12:31 pm

    memang sahabat lama takkan pernah terlupakan kala berjuang bersama dahulu..dan akan membuahkan rasa kekeluargaan yg mendalam..

    Reply
  • 9. Anonymous  |  July 26, 2007 at 4:51 am

    K’ Ilo.. rinduku sama kita..hehehe salam maniezt dari amoy..

    sadarma sekarang K’ hehehe..sadar koq ngaku2

    -WiToY-

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

June 2007
M T W T F S S
« May   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Archives


%d bloggers like this: