I LOVE JOOMLA Open Source CMS (edisi belajar part 2)

November 8, 2006 at 8:47 am Leave a comment

Mainan baru ini benar-benar membuatku jatuh cinta! Bayangkan saja, bela-belain nongkrong dengannya dari habis sholat subuhsampai jam 3-an dinihari. 4 hari! Makan Cuma sekali sehari. Malam saja, itupun nanti diingatkan sama teman-teman di madzcom. Yah…kebiasaan buruk sih sebenarnya. Ga sehat, tapi bawaannya saya memang seperti ini kali ya,hehehe. Kalo dah cinta sama sesuatu suka ga peduli sama diri sendiri. Jadi ingat waktu SMA dulu, kalo ada soal kimia yang ga bisa saya pecahkan, pasti begadang juga. Soalnya mau istirahat ga bisa juga, coz ga bisa tidur, kepikiran terus. Ato pada saat waktu awal-awal kuliah, coba-coba install game 3 dimensi ‘desperados’ sama ‘diablo’, wuiihhhh…ga pernah tidur malam sebulan lebih. Mungkin ini ya yang buat saya yang sudah kurus jadi makin kurus,hehehe.

Setelah ngutak-ngatik bagian ‘site’, ‘mengelola content’ plus ‘administrasi menu’, beralih lagi installer component dan module-nya. Googling sana-sini, download free joomla component plus module, iseng-iseng install di offline site yang sudah saya rancang. Success bro/sist. Wuihhh, senang banget. But wait…it’s not as simple as look (bahasa inggris pasaran). Ternyata cek per cek, ada juga bagian tertentu di script php-nya yang kadang ga matching dengan software joomla yang sudah terinstall. Cari informasi, ternyata kadang bisa terinstall tapi ga bisa running, coz versinya ga saling mendukung dengan versi joomla yang sudah terinstall. Yahhh…. Down? Sempat. But ga pake lama. Lesson must go on (bahasa inggris pasaran lagi neh). Awalnya coba-coba lagi masuk ke index.php module plus component yang sudah terinstall tapi ga bisa running. Rubah sana-sini, ga berhasil-berhasil juga. Yah, nyerah deh. Mendingan cari component & modul yang support dengan versi joomla yang sudah terinstall.

Dapat. AlhamduliLlah. Plus dikasi info tambahan sama mbak nuni (makasih sekali lagi mbak), akhirnya berhasil juga install plus running test module ‘guest book’, ‘shout box’ sama ‘event calendar’. Puas,hehehe. The next step (lagi-lagi inggris pasaran) penasaran pengen ganti ‘header’, ‘footer’ sama ‘banner-nya’. Wah ternyata ga rumit. Cukup buat ‘banner’ ato ‘header’ baru, kemudian ‘save’ dengan nama yang sama dengan nama file sebelumnya yang ada di ‘index.php-nya’. Format gambarnya terserah, yang penting usahakan sekecil mungkin, biar ga berat kalo dibuka di internet nantinya. Untuk hal ini, saya belajar dari pengalaman kemaren, waktu bingung bagaimana cara ganti lambang tupai di halaman depan ‘squirrel mail’ menjadi ‘lambang pks’. Caranya seperti yang tadi. Hehehe, ternyata bisa diterapkan di mana-mana ya.

Sekarang giliran upload ke internet. Alhamdulillah, kemarin sudah punya 2 pengalaman. Waktu meng-upload situsnya mamuju.go.id sama pks-sulsel.or.id versi lama. So, langsung saja upload semua file pake ftp. Lebih simpel, daripada masuk ke control panel penyedia layanan hostingnya, kadang lebih lambat. Tapi giliran ‘database-nya’ yang mau di export ke bentuk file *.txt, tiba-tiba… o..o.. masalah timbul lagi. Ga tau databasenya software joomla (yang dalam file *.txt) ditaruh di mana. Sempat kepikiran mengecek satu-satu semua file (hehehe, boros waktu tau ga). Tapi ga jadi. So, sempat berhenti sebentar. Daripada bingung, belum tahu harus bagaimana, mending pergi mandi,hehehe.

‘EUREKA’. Tiba-tiba saja saat mandi, terlintas pikiran kenapa ga masuk ke ‘phpmyadmin’ saja. Untungya nih, ga langsung lari keluar kamar mandi ga mengenakan apa-apa (hehehe) seperti waktu seorang ilmuwan (arhimedes ya namanya kalo ga salah, tau deh) diperintahkan untuk memisahkan emas dan logam lainnya yang ada dalam mahkota raja.

Di depan kompie again. Mulai masuk ke halaman ‘phpmyadmin’. Sempat muncul pikiran awal untuk ‘create tabel’ database, tapi buat apa ya? Kan sudah ada, cuma tempatnya saja yang belum ketemu. So, beralih ke tab ‘export’. Aha! Ini dia nih, akhirnya ketemu juga. Semua file databasenya (C:\AppServ\MySQL\data\pks) yang bentuk *.MYI, *.MYD, db.opt, visual basic form file, saya export menjadi file *.txt. Masalah selesai. Databasenya akhirnya bisa terupload dengan sempurna. ‘Thank you, makasih Tuhan’ AlhamduliLlah.

Informasi, semua file saya upload di situsnya PKS Sul-Sel. Pas buka Mozilla, ketikkan url-nya, eh ga ada tampilan PKS-nya sama sekali. Yang ada hanya pesan

This site is temporarily unavailable.
Please notify the System Administrator

Waduh, kesalahan di mana lagi nih? Cari…cari…cari…ternyata masih ada yang kurang. Settingan joolma di ‘local server’ komputer tidak sama dengan ‘setting path’ di server penyedia layanan hosting. Mmmmm….sementara kalo sudah ter-upload ke server penyedia layanan hosting, pasti joomla mencari setting pathnya di server sana kan?

Cari-cari lagi deh gimana caranya. Ketemu lagi, ada trik program sederhana untuk mengetahui setting path di server hosting tempat kita terdaftar. Program sederhananya saya dapat di buku.

Kemudian save dengan nama absolute.php dan upload ke folder dimana semua file joomla tadi di-upload. Selanjutnya buka browser, dan ketika mengetik url-nya kembali, muncul sebaris kalimat. Copy, kemudian di’paste’ di file ‘configuration.php’ di belakang baris (di dalam tanda petik) yang mengandung kata : $mosConfig_absolute_path = ‘ ‘.

Selesai? Belum, ternyata masih ada errornya. Cuma sudah lupa, itu hari errornya bilang apa ya? Penasaran! Gemes! Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.Waaaaaaaaaaaaaaaaaa…Masalahnya di mana lagi nih!

Pikir…pikir…pikir…pasti ga jauh-jauh dari file configuration.php-nya. Coz kan di file itu yang sebelumnya ada perubahan dengan menambahkan sebaris kalimat di belakang kalimat $mosConfig_absolute_path =. Semangat! Cayo…Keep the spirit,hehehe. Mulai lagi utak-atik file php yang di configuration itu. Try and Error. AlhamduliLlah, ada dasar html dan php sedikit. Tidak lama, setelah mengganti sendiri beberapa item (dengan pedenya), pas coba ketikkan url-nya, Tadaaaaaaa……muncul deh tampilan awal web site pks Sul-Sel. AlhamduliLlah again, thanks God.

Puas, meskipun masih sangat sederhana. Belajar betul-betul menyenangkan kalo dinikmati. Jadi ingat satu puisi Kahlil Gibran ‘Kerja/Belajar adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan itu. Lalu duduklah di gerbang rumah ibadah dan terimalah derma dari mereka yang bekerja/belajar dengan penuh suka cita’

Special Thanks To :

Mbak Nuni (makasih info dan artikelnya, jangan bosan ya. Kapan upload lagi artikel mamboo/joomla di blog-nya?)

Akh. Pasnur (yang bantu ngutak-atik file configuration.php-nya waktu ada masalah)

Dedicated To :

Fhillabong/Filla (ade angkatan selama kuliah di elektro dulu. Yang pernah bilang ‘Banyak belajar banyak lupa, sedikit belajar sedikit lupa, tidak belajar, tidak ada yang dilupa, so…ga usah belajar deh kak’ Hehehe, falsafahmu ga berlaku ade, malah makin belajar makin banyak tahu. Btw, gimana sekarang? Mudah-mudahan jilbabnya ga dilepas lagi ya…Amin)

Ade Kecilku (yang dulu selalu mengingatkan untuk makan, dan sering marah kalo tahu saya telat atau ga makan sama sekali. Hmmm, jadi kangen sama sms-smsmu)

———————————————————————————————————————

Pesan : Kalo mo install mamboo/joomla cms, sekedar saran, mendingan di install online saja. Dari pada kerja offline, bakalan repot kaya’ yang di atas. Coz waktu coba online, langsung upload lewat internet, simpel sekali. Ga neko-neko.

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Strategi Pengalihan Catatan kecil :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

November 2006
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Archives


%d bloggers like this: